Perbandingan Efisiensi Konversi Energi Panel Surya Tipe Polycrystaline dengan Panel Surya Monocrystaline Berbasis Arduino di Kota Pangkalpinang

  • Muhammad Yonggi Puriza Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Bangka Belitung University
  • Welly Yandi Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Bangka Belitung University
  • Asmar Asmar Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Bangka Belitung University

Abstract

Dalam penelitian ini terkandung unsur pembuktian dan eksperimen yang lengkap mengenai pengambilan keputusan pemakaian panel surya tipe monocrystalline dan polycrystalline khususnya di kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengambilan data antara kedua panel surya yang dibandingkan dilakukan selama 30 hari (23 September 2020 22 Oktober 2020) melalui berbagai macam cuaca. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat dan menganalisa pemilihan tipe panel surya yang cocok (monocrystalline atau polycrystalline, masing masing 250 Wp dengan merek yang sama) untuk kota Pangkalpinang agar dapat meningkatkan suplai energi yang lebih tepat dan efisien. Penggunaan arduino untuk mengambil data pada panel surya dimaksudkan agar data yang didapatkan nantinya bisa lebih akurat dan terpetakan dengan baik jika dibandingan dengan apabila data diambil secara manual dengan cara dicatat. Hasil pengujian menyatakan bahwa panel surya jenis monocrystalline lebih baik dibandingkan polycrystalline dengan perbedaan energi yang dihasilkan sebesar 4.9%.

Keywords: Efisiensi, Monocrystalline, Polycrystalline

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-19
How to Cite
[1]
M. Puriza, W. Yandi, and A. Asmar, “Perbandingan Efisiensi Konversi Energi Panel Surya Tipe Polycrystaline dengan Panel Surya Monocrystaline Berbasis Arduino di Kota Pangkalpinang”, JurnalEcotipe, vol. 8, no. 1, pp. 47-52, Apr. 2021.
Abstract viewed = 1786 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1402 times